Daerah

Berniat Jadikan OPD Percontohan, Harmen Rusdi Tidak Dinas Luar dan Fasilitas Tanah Untuk Pelaku UKM

Administrator | Rabu, 30 Agustus 2017 - 16:01:12 WIB | dibaca: 78 pembaca

JAMBI - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Provinsi Jambi, Harmen Rusdi mengatakan ada  empat persoalan yang dihadapi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi yang kedepan dan harus dicarikan solusi.

Adapun permasalahan tersebut adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbagi menjadi dua bagian, pertama SDM sebagai aktor yaitu pembina atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Dinas Koperasi dan UKM, kemudian selanjutnya SDM anggota/pengurus koperasi yang ada di sebelas Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Harmen mengatakan, secara logika pengurus atau anggota yang berkualitas berasal dari pembina yang berkualitas pula. Maka ASN yang ada dilingkup Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi harus berkualitas selaku pembina.

Maka dari dari itu Harmen mengatakan akan mengaktifkan kembali Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang berfungsi mendidik insan koperasi agar lebih baik. Terdapat pula pusat layanan umum terpadu yang akan melayani pelaku UKM dan aka diperjuangkan menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi.

"Solusinya kita sudah menyusun naskah akademis, mengaktifkan kembali BLUD yang hampir 4 tahun dinonaktifkan, jadi akan ada revitalisasi," ujar Harmen kepada beritajambi.co saat ditemui diruang kerjanya.

Kemudian Harmen menyebutkan permasalahan berikutnya yaitu besaran anggaran untuk pendidikan luar, kelembagaan serta permodalan yang terkendala diangguan.

Dirinya mengatakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mencoba melakukan kerja sama dengan perusahaan yang ada di Provinsi Jambi menggunakan dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Dana tersebut dapat membantu pertumbuhan Koperasi dan UKM agar dapat berinovasi.

Selanjutnya, Harmen mengakui masih banyak hal yang harus dibenahi di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi. Oleh karena itu dirinya tidak ingin melakukan dinas luar hingga tahun 2018 mendatang.

"Mana mungkin kita akan melaksanakan perubahan secara maksimal apabila kondisi psikologis tidak stabil, jadi bagaimana nanti harus mengembalikan insan koperasi ini, ke jati diri yang sebenarnya, baik secara aktif langsung yang berkiprah di koperasi ini, maupun yang tidak langsung," pungkas Harmen.

Selaku pembina, dirinya mempunyai niat untuk menjadikan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi sebagai percontohan diantara OPD yang lain.

Selanjutnya, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi Provinsi Jambi, Ilyas mengatakan Dinas Koperasi mengadakan kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) secara gratis. Ilyas menjelaskan akan memperjuangkan SHAT untuk pelaku UKM agar bisa digunakan sebagai anggunan untuk peminjaman modal.

"Target tahun 2017 ada 1100 tanah kerjasama Dinas Koperasi dengan BPN, kemudian pemasaran kita punya paviliun tower yaitu gerai untuk memasarkan produk kita di Jakarta yang buka setiap hari, kemudian kerja sama dengan Telkom untuk kampung digital, serta kita dapat salah satu fasilitas gedung dari pusat BLUD di depan transito," sebut Ilyas, Jumat (18/8/2017). (rin/adv)










Komentar Via Website : 3
obat tradisional kanker payudara stadium 4
29 September 2017 - 12:35:04 WIB
terimakasih gan, https://goo.gl/hvUzkZ
obat ginjal bocor
29 September 2017 - 15:41:28 WIB
terimakasih atas informasinya, https://goo.gl/3S5vsB
Obat Syaraf Kejepit Di Apotik Kimia Farma
05 Oktober 2017 - 09:56:04 WIB
Obat Syaraf Kejepit Di Apotik Kimia Farma >>> http://goo.gl/P1Va3Y
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)