Umum

YANG MUDA BERKARYA, UKM JAYA OPTIMIS MASYARAKAT AKAN SEJAHTERA

Administrator | Selasa, 31 Oktober 2017 - 16:00:56 WIB | dibaca: 39 pembaca

Tak satupun argumentasi yang mampu menapik, ketika semua stake holder secara jujur mengakui, bahwa sektor Koperasi dan UKM adalah Suko Gurunya Perekonomian nasional dan sebagai tulang punggungnya pertumbuhan ekonomi kerakyatan, khususnya di Provinsi Jambi. Sederet urusan pemerintahan, Sektor Koperasi telah menjadi urusan wajib dari sebuah negara, disamping pemenuhan akan urusan kebutuhan dasar. Kebijakan ini sekaligus menempatkan urusan koperasi dan UKM merupakan amanat konstitusi yang wajib kita kembangkan secara bersama-sama.

Banyak peristiwa yang terjadi di negeri ini, antara lain ketika anjloknya pertumbuhan ekonomi secara nasional. Salah satu contoh kongrit yang masih terngiang dibenak kita yaitu ketika secara nasional kondisi ekonomi sudah diambang batas kehancuran akibat dari krisis moneter yang berlangsung cukup lama di tahun 1998 yang lalu. Dalam situasi yang sulit, kembali sektor koperasi dan UKM menunjukkan ketangguhannya, dalam upaya menyelamatkan kehidupan yang berkelanjutan. Hampir semua sektor mengalami gulung tikar, bahkan pihak perbankan pun sempat mengalami likuidasi, namun, sektor Koperasi dan UKM justeru masih tetap tegar dan berdiri kokoh sebagai juru penyelamat. Atas peristiwa ini, kalau saya menyebutnya sektor Koperasi dan UKM di kancah ekonomi nasional, telah teruji dan terbukti Tahan Peluru Kendali, sungguh luar biasa bukan ?. Pertanyaannya sekarang, Mampukah Koperasi dan UKM berperan Dalam meningkatkan Nilai Tukar Petani, khususnya petani Karet dan Sawit di Jambi ? mari kita tunggu gebrakannya, insha Allah.
Pada sisi lain, sektor koperasi dan UKM kembali unjuk gigi di negeri ini, ketika sektor koperasi dan UKM adalah sektor paling banyak menyerap tenaga kerja. Berdasarkan data terakhir, hampir 90 % serapan tenaga kerja di Jambi justru tertampung di sektor ini, yang meliputi sektor riil, jasa dan telekomunikasi. Oleh karenanya dihadapan ratusan generasi muda selaku Wira Usaha Pemula kami menghimbau bahwa kekayaan sumber daya alam yang luar biasa di Jambi, sedianya menanti sentuhan tangan seorang pemuda yang cerdas, inovatif dan kreatif.
Sejalan dengan maksud tersebut Bapak Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, dalam berbagai kesempatan selalu menghimbau dan mengajak mari terus berkarya dan kuasai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemahaman terhadap IT adalah kunci sukses insan koperasi dan UKM. Dunia digital dan elektronisasi tidak mesti dilihat dari sisi negatifnya karena kemajuan dunia digital juga telah memberi banyak kemudahan bagi UKM. Kita bisa melihat dengan langsung dampak positif IT, ucap Gubernur. Masyarakat sudah bisa dagang jarak jauh, bisa mempromosikan produk UKM dengan mudah, hanya cukup dengan segenggam tangan degan sebuah android. Mari kita rebut peluang ini, ajak Gubernur, bila saja kita semua tidak ingin tertinggal jauh dari kemajuan zaman.
Akhir kata, selaku Kepala OPD Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung yang ikut serta mendorong pertumbuhan Koperasi dan UKM di Jambi, khususnya, kepada pihah SKH Halo Jambi yang telah menginiasi acara Temu Wira Usaha Muda dengan Tema BATIK JAMBI DAN UKM EXPO, 2017, bertempat di Atrium Jambi Town Square ( JAMTOS), Minggu 29 Oktober 2017. Ucapan terima kasih, juga atas ditunjuknya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, sebagai salah satu Narasumber. Semoga saja ke depannya banyak pihak yang membuka tangan sebagai wujud kepedulian terhadap kemajuan Koperasi dan UKM di Jambi. Tampak dalam Gambar : Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Drs. Harmen Rusdi, ME, tengah memaparkan materi, Salam Jambi TUNTAS, salam CERIA. (HR)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)